Cahaya Yang Terbungkus Oleh Gumpalan Hitam

Tadi, ada seseorang yang baru aja kembali dari ingatan gue, dia membawa jutaan kenangan dari masa lalu. Dia berujar “Segala sesuatu diawali dengan mencuri start, ada kemauan untuk belajar dan bergerak.”tetap ada keinginan walau ada ketakutan, semua keraguan bisa dilawan dengan kuatnya keyakinan. Tidak ada manusia yang jahat, perspektiflah yang membuat kita semakin ‘menggemakan dia yang biadab’.

Gue seringkali memesan ojek online, ingin pergi ke suatu tempat tapi nggak bisa mengendarai motor, dan tiba-tiba karena ‘ketidakbisaan gue untuk mengendarai motor’, itu bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, apa untungnya? Gue bisa berinteraksi dengan manusia, jiwa dan raga gue dilatih untuk ‘lebih humanis dan lebih sosialis’. Mungkin ini hal remeh, ‘ah ngapain si ngobrol sama ojol?’, if you think like that, it’s okay, but we’ve different opinion here. Ada banyak kisah yang bisa gue denger dari mereka, pribadi gue yang ekstrovet dan mudah menyesuaikan akan selalu gue manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan salah lho, tukang ojek itu nggak selalu identik dengan ‘orang miskin’, No. Bahkan, gue pernah dapet driver yang kerja di perusahaan terkemuka di Lampung, dia general manager di sana. Momen itu nggak bisa gue lupain, karena gue masih nyimpen alamat gmail si bapak. Tampang boleh aja kere, tapi pengalaman dan isi dompet nyatanya ‘Wadidaw’.

Konsep komunikasi gue itu ‘I will start this conversation and be the first one’, membuka obrolan dan dengan sebagus mungkin merangkai kata-kata yang bisa menyentil hatinya, tukkk. Gue mau percakapan kita itu bernilai, gue dan lo harus bisa merasakan manfaat dari suatu perbincangan. Jadi, setelah panjang bercakap-cakap, membahas ribuan hal, membuat lidah kering karena kehausan, mulut jadi pegal-pegal, energi juga terkuras, ayolah! Berikan hasil yang memuasakan dari semua topik yang telah kita diskusikan.

Kalau waktu hanya dipakai untuk ‘HA HI HU HE HO’ aja, untuk apa?. Ih apaan sih hidup ini harus ada hiburan dong bunga, ya memang. Tiap orang punya cara tersendiri untuk menghibur dirinya, ada yang dengan berolahraga, traveling, membaca buku, ikutan lomba, memasak, bermain musik, menulis, berdagang, dan masih banyak lagi. Carilah hiburan yang memberikan keuntungan, ‘lo lagi bΓͺte nih, lagi sedih, lagi sendu’ kenapa nggak coba untuk menantang diri aja dengan melakukan aktivitas yang dapat di uangkan, kegiatan yang memberi faedah untuk lingkungan, dan ratusan aktivitas lain yang dapat menimbulkan kebahagiaan. Eaaa.


Reinaldy Aulia Kurniawan


Saat gue sampai di suatu tempat, bertanya-tanya kepada beberapa orang di sana, di mana kantor Marketif Indonesia?. Lalu ada pegawai pria yang menegur gue “Mbaknya mau interview ya?.”sepertinya wajah gue memang curcol banget buat mewawancarai narasumber. Baru saja gue membuka pintu, seseorang menyambut gue sambil membelalakan matanya yang terlihat sayu. Gue udah tahu kalau dia adalah ‘figur yang akan gue interogasi’.

Bagiamanpun juga gue tidak bisa membohongi betapa ‘bahagianya diri ini’. Ini kali pertama gue bertatap muka dengan ‘sosok inspiratif’ yang punya kekuasaan tinggi di sebuah perusahaan. Kalau dilihat dari segi penampilan, pakaiannya tidak mengekang, pakaiannya membuat dia nyaman, dan tampak santai.

Diawali dengan basa-basi bermutu, dilanjut dengan ‘saling menanyakan identitas diri’.Alhamdulillah, gue bisa menyerang banyak pertanyaan kepada dia, oh jelas! semua kalimat yang dia ucapkanpun membuat antusiasme gue semakin membengkak, mesikpun dia hanya tersenyum sekali waktu, semakinlah membikin jantung gue dag-dig-dug,  ditambah raut wajahnya yang serius, seperti ada banyak hal misterius yang harus gue gali, gali lebih dalam lagi.

Dari cara berjalannya, gue tahu nih manusia, tipikal ‘Perfeksionis’. Sebenarnya waktu dua jam itu nggak cukup buat ngobrol sama ‘great people’, semakin mendengarkan ocehannya, semakin tenggelam dan tak ingin naik ke permukaan. 

Gue sendiri ‘udah nyangka’ bisa ketemu manusia kayak dia. Kalau dari sudut pandang gue, dia benar-benar ‘merendah tanpa berniat untuk meninggi’. Ketika masuk ke wawancara inti, dia selalu menampilkan bagian dari dirinya yang ‘ramah, sopan, dan zuhud’. Doi itu bukan makhluk yang ‘gila akan kehidupan duniawi’, dia nggak mau ‘dipusingin sama masalah dunia yang fana’.

Dari Abul ‘AbbΓ’s Sahl bin Sa’d as-Sa’idi Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Ada seseorang yang datang kepada RasulullΓ’h Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, ‘Wahai RasulullΓ’h! Tunjukkan kepadaku satu amalan yang jika aku mengamalkannya maka aku akan dicintai oleh Allah dan dicintai manusia.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Zuhudlah terhadap dunia, niscaya engkau dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusia, niscaya engkau dicintai manusia.” [Hadits hasan, diriwayatkan oleh Ibnu MΓ’jah dan selainnya dengan beberapa sanad yang hasan].

Di mata gue sosok yang satu ini sudah termasuk ‘sangat bagus’, tapi ya tetap aja manusia nggak lepas dari yang namanya ‘weakness’, oh iya dong pasti.

“Saya ingin membawa bisnis ini sampai ke surga.”-Reinaldy.

Belum sempat menuntaskan kuliahnya di Universitas Lampung jurusan Teknik Elektro, tidak membuat Rei ‘terjebak dalam masalah’, pekerja cerdas yang satu ini mampu membuat kaum seusianya tercengang, wajar saja. Rei terkenal dengan sejumlah prestasinya yang mendunia, selain itu dia aktif dalam kegiatan volunteer baik di dalam Negeri maupun luar Negeri. Rei membuat dirinya lebih ‘peka terhadap manusia’, mencintai paham humanisme, dan menjunjung tinggi kebahagiaan bersama.


Finding Rei


Co-Founder sekaligus HRD Manager dari ‘Marketif Indonesia Company’ ini dianugerahi sejibun keahlian, satu manusia yang dapat merangkap banyak profesi, di mulai dari Penulis, Pebisnis, Konselor, HRD Manger dan pekerjaan yang paling sempurna bagi Rei adalah menjadi ‘Pegawainya Allah’.

Hal menyedihkan pernah dirasakan oleh Rei saat dirinya ditimpa musibah yang cukup mengerikan, dia mengalami kecelakaan ‘gegar otak’. Karena pertolongan dari Allah, beruntunglah Ia masih diberikan kesempatan untuk menikmati hidup lebih panjang. Reinaldy juga sempat menggenggam nilai-nilai ketakaburan, dia tidak percaya dengan entitas ketuhanan. Pada tahun 2015, Rei mulai merengkuh Islam, seperti ada bisikan dari Tuhan “Kembalilah kepadaKu.”



Memang ya, waktu muda itu harus dipakai untuk berkarya, seperti Rei yang telah mendirikan “the kahfi” di tahun 2017 awal, the kahfi adalah bisnis fashion yang mengusung konsep ‘Islami’. Pengambilan nama the kahfi itu sendiri berasal dari Surah Al-Kahfi yang memiliki arti ‘Gua di gunung’, Gua yang menjadi tempat berlindungnya tujuh pemuda dari kaum mereka yang sudah terjerat oleh kesyirikan dan pengingkaran hari kebangkitan.

Ψ₯ِΨ°ْ Ψ£َوَΩ‰ Ψ§Ω„ْفِΨͺْيَΨ©ُ Ψ₯ِΩ„َΩ‰ Ψ§Ω„ْΩƒَΩ‡ْفِ فَΩ‚َΨ§Ω„ُوا Ψ±َΨ¨َّΩ†َΨ§ Ψ’ΨͺِΩ†َΨ§ Ω…ِΩ†ْ Ω„َΨ―ُΩ†ْΩƒَ Ψ±َΨ­ْΩ…َΨ©ً وَΩ‡َيِّΨ¦ْ Ω„َΩ†َΨ§ Ω…ِΩ†ْ Ψ£َΩ…ْΨ±ِΩ†َΨ§ Ψ±َΨ΄َΨ―ًΨ§

(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. [Al-Kahfi/18:10]

Filosofi nama the kahfi itu sendiri dapat diaplikasikan ke dalam bentuk ‘pakaian yang dapat memproteksi si pemakainya dari kegiatan maksiat’, waduh keren banget.



Penasaran nih, sama prestasinya Reinaldy, oke :

1.      Beasiswa Indonesia-Kanada tahun 2013, Youth Exchange Program

2.      Mawapres UNILA tahun 2015

3.      Memenuhi undangan dari Kobe University, Jepang tahun 2015

4.      Pelatihan Kepemimpinan di Amerika tahun 2017

5.      Youth Leader Summit tahun 2017

6.      International Public Speaker 

Masih ada banyak pencapaiannya, inget ya prestasi itu depend on perspective, terlebih itu semua cuman prestasi versi dunia aja, kalau mau yang lebih bold, berlomba-lombalah dalam kebaikan. Gue pingin buat part duanya kalau Reinaldy sudah bisa merealisasikan sembilan impian terbesarnya, apa aja?...

1.      Keliling dunia sambil dakwah

2.      Tadabur alam

3.      Mendapatkan klien yang local champion

4.      Haji dan Umrah

5.      Mendirikan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an

6.      Punya 30 perusahaan

7.      Menulis banyak buku

8.      Mempunyai anak yang hafidz qur’an

9.      Mendirikan rumah yatim

Untuk Part 2 InshaAllah yha kalau dunia ini belum diporak-porandakan oleh Sang Maha Kuasa. Jadi, kalau kalian merasa kurang puas karena tulisan ini, nanti akan gue usahakan untuk membuat kisah yang lebih yahud lagi. Tahu nggak sih?, motto hidupnya Rei itu mudah diingat “Allah Tujuanku”. Singkat, padat dan jelas, kalau Allah yang jadi ‘the main purpose’ semua akan berjalan tanpa hambatan, tanpa rintangan, tinggal bagaimana kita menjadikan Allah sebagai satu-satunya penolong yang ‘sangat-sangat-sangat kita butuhkan’, Cuy ‘Kun Fayakun’ tuh beneran ada lho , masa sih? Iya there is always hope in the midst of difficulties. Again,  ada Allah.

1.     Doa untuk Reinaldy Aulia Kurniawan : Pasti Allah ijabah semua doa-doanya, You tell me, if everything starts with intention, right? Right intention because God, will produce something that is not detrimental. If the intention is wrong, surely the results are disappointing. Seperti melihat posisi masjid yang terasa jauh dari pandangan mata, tapi setelah membenarkan niat, wah ternyata jarak masjid itu tidak jauh, bahkan dekat, sangat dekat. Mudah-mudahan dijauhkan dari keadaan malas. Semoga berhasil!.


Follow IG @the.kahfi


Follow IG @alwayskahfi



Comments

  1. Huwaaaaaa.. kerenn bangettt. Ini asli sih menginspirasi bangettt. Uuuhh pengen ikutan ngewawancara, Bung wkwkwk. Good luck, Bunga. Kamu beruntung dan bener-bener melakukan pekerjaan dengan baik. Terus semangat yaa buat konten yang bermanfaat seperti ini terus. Doanya yang terbaik buat kamu. Mudah2an bisa wawancara orang sukses yang lain. Dan, semoga suatu hari nanti, kamulah yang jadi narasumbernya karena prestasi-prestasi yang kamu miliki dan hal lainnya.

    ReplyDelete
  2. Betul banget kadang mamas ojol nih enak diajak ngobrol, mereka bisa bantu kita untuk berpikir dari sudut pandang lain. Ditunggu lagi tulisan terbaru muuu

    ReplyDelete
  3. πŸ₯ΊπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

    ReplyDelete
  4. Wahhh menginspirasi banget kak, teruss semangat untuk menulis kak πŸ”₯πŸ™

    ReplyDelete
  5. Tabarakallah tulisan menginspirasi untuk mnjdi lebih baikπŸ’“πŸ”₯

    ReplyDelete
  6. Masyaallah banget, keren, menginspirasi, apalagi motto hidupnyaaa, ditunggu konten selanjutnya bunga syang smngattt terus untuk menebar kebaikan dngan cramu sndriπŸ’™

    ReplyDelete
  7. Sukses terus untuk penulis dan para narasumbernya, dan nular ke para pembacanya. Aamiiin 😊

    ReplyDelete
  8. masyaallahh, semangatt kakπŸ˜ŠπŸ’–

    ReplyDelete
  9. Masya Allah sukses terus kedepannya kak Bunga. πŸ’–πŸ‘

    ReplyDelete
  10. Masya Allah sukses terus kedepannya kak Bunga. πŸ’–πŸ‘

    ReplyDelete
  11. Salut banget sama prestasi"nya, bener-bener menginspirasi. Semoga makin banyak generasi milenial yang terus menorehkan prestasi untuk kemajuan bangsa. Semangat terus buat penulis dan para narasumbernya...πŸ’–πŸ€—

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Semnagatt teruss utk penulis ♥️

    ReplyDelete
  14. Suka banget,selalu menginspirasi πŸ‘

    ReplyDelete
  15. Menginspirasi sekali sih, banyak banget prestasi nya auto pas bacanya sedih ngeliat diri yang blm ada apa2nya hehe

    ReplyDelete
  16. W O W ... Inspiratif pake bgt ini mah. Ini nih yg namanya padi makin berisi makin merunduk, sukaa nihhπŸ‘

    ReplyDelete
  17. Semoga banyak gojek yg seperti ini

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah, menginspirasi banget😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts