Dear, My Love


Gajahlah Kebersihan "Ecotheology Discussion"

Setelah menjalani kisah romantis bersama ruang pangan, lima tahun perjalananku bersama komunitas itu. Berangkat dari keingintahuan terhadap 'isu food waste dan food loss'. Nggak nyangka juga bisa sejauh ini. Perjalanan kali ini Allah kasih lebih banyak kemudahan. Banyak hal yang nggak terguda, termasuk rezeki. Kemanapun kita melangkah, sebelum melangkah semoga Allah bimbing kita untuk terus berpikir positif dan bertidak baik dengan penuh keyakinan bahwa Dia pasti membantu kita. 

Mau istirahat dulu dari hiruk-pikuk dunia maya, mau mencari kedamaian alam lewat interaksi nyata, cielah. Tahun ini gue 24 tahun, masih jomlo, masih kayak bayi kalau kata mbak shalsa "Idih, zara-zara lu nih masih kayak bayi bener sih!" momen itu selalu gue inget, kenapa ya? kayak ngebekas aja di kepala. Kalo dipikir-pikir si gue emang masih kek bocah tengil, eithhh nggak juga sih. Cuma menolak tua aja, doanya sih pingin panjang umur, awet muda, mau banggain mama dan bapak sampai dapat gelar Ph.D terus punya suami yang penyayang, sabar, baik hati dan dermawan. Bener, memang nggak ada manusia yang sempurna di dunia ini, gue juga punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. 

Makin gede, harus makin sering introspeksi ya. Betapa gue mengalami banyak kesulitan, tantangan bertubi-tubi. Sebagai seorang muslim yang sangat menyukai ayat-ayat Al-Qur'an, ketika gue baca ayat per ayat gue merasakan ada feel yang berbeda aja gitu, semacam tersihir sama semua firmanNya. Begitu menakjubkan tiap gue lihat ayat-ayat yang ada di Al-Qur'an, tentu saja itu kitab suci yang mampu membuat kehidupan gue dalam keindahan. 

Sekarang, lagi marak sesi pernikahan. Temen-temen gue yang udah kawin, udah gendong bayi, udah punya anak, rasanya pingin juga. Tapi gue sendiri masih harus terus belajar, gue paham banget ada banyak hal yang harus diperbaiki, dan semua yang ingin gue perbaiki itu membutuhkan waktu yang cukup lama, konsistensi dan persistensi. Di lain hal, gue mau menuntaskan program kuliah yang cukup memusingkan dalam jangka waktu yang singkat, perkuliahan yang nggak bisa dimainin, menguras energi yang lumayan banyak, sampai nggak kepikiran lagi gue sama hal-hal yang nggak berguna.

Saat gue lihat semua kericuhan di sosial media, gue benar-benar berpikir tentang 'entitas gue sebagai manusia'. Gue mempertanyakan 1000 hal yang bahkan gue juga nggak tahu apa jawabannya, emang iya si nggak semua pertanyaan itu harus punya jawaban. Masa depan juga nggak ada yang tahu, karena hidup ini bukan perlombaan bagi sebagian orang. Kita cuma perlu ketenangan, kejernihan dalam berpikir, dan kelembutan hati dalam menerima apapun yang sudah Allah takdirkan. Tentang ketidaktahuan kita itu, biar kita tidak perlu tahu, biarlah Tuhan yang memberi tahu. Kalaupun tidak mengetahui, mari kita coba usahakan untuk tahu, semoga Allah mendengar doa-doa hambaNya.

Agustus, tanggal 4 tahun 2024, hari ini tante gue juga ulang tahun yang ke 39. Ngomongin umur ini emang nggak ada abisnya. Selamat ulang tahun untuk Aunty Ucu "Fina Fisabilillah", semoga duniamu selalu terberkati, aamiin allahuma aamiin. Terimakasih banyak, karena sudah menjadi sumber inspirasi dari hari ke hari, I really love you.

Dear, my first child (Ivy if you're a girl, and Fath if you are a boy). Maaf ya mama telat nikahnya, semoga nanti kamu bersyukur dan bangga bisa punya mama. Mama juga join di komunitas ruangpangan, nanti kamu harus ikutan komunitasnya ya. Mama mau belajar dulu, kita nanti belajar bareng ya di perpustakaan. Kita beli buku di gramedia atau shopee, kita bahas bukunya, kita kulik 5W+1H nya. Kita biasakan berbicara pakai bahasa inggris atau arab di rumah, kalau ada kesempatan untuk homeschooling, mama upayakan untuk mendidik kamu sepenuhnya ya sayang. Mama mau kamu terbiasa dengan tantangan, tidak menjadikan kegagalan sebuah akhir, tapi menjadi pemantik untuk kamu terus berusaha semaksimal mungkin, ayo sayang kita optimalkan semua potensi yang telah Allah berikan kepada kita.  Katanya jadi anak pertama itu, sangat sulit dan menyedihkan, it's okay, mama juga anak pertama. Semoga nanti, kita bisa pergi keliling dunia dan mampir ke perpustakaan keren dan belanja banyak buku, Inshaallah ya semoga Mama banyak rezekinya pas kamu umur 7tahun kelas 1 SD kita ke Mesir, Bibliotheca Alexandrina di Mesir.

Mama mau melanjutkan belajar dan perjuangan yang lain dulu ya, kamu belum ada sekarang, semoga kamu tumbuh dengan diliputi kecerdasan, kecantikan, ketampanan, kebijaksanaan serta kelemah-lembutan. Semoga Allah melimpahkan banyak hal kepadamu sayangku, untuk agama kita, semoga kita selalu bependirian kuat, sehingga tidak mudah digoyahkan oleh hal-hal sekecil apapun, rayuan murah dan lain sebagainya. Kita berdoa untuk saudara/i kita di Palestina yang sedang berduka, semoga Allah menyediakan surga untuk mereka, "Harapan Mama untuk kamu, jadilah seseorang yang bermanfaat untuk manusia lainnya". Di zaman nanti, mari kita menjadi pribadi yang lebih kuat lagi, kita memohon pertolongan dari Allah ya, ingat surah Al-Fatihah ayat "You ˹alone˺ we worship and You ˹alone˺ we ask for help".

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ٥

Mama juga belum bisa bertemu dengan Papa, sepertinya kita masih disibukkan dengan urusan masing-masing. Itu dulu aja ya, kita lanjutin di lain hari. 

QnA Sessions

RuangPangan X Toimah

RuangPangan X AIESEC Mahidana #1

Zara X Afra RuangPangan

Seminar Sessions

See you soon, kita cerita lagi nanti ya!

Comments

Popular Posts