Dua Garis Kuning Tanpa Putus


Oke, kali ini gue mau ngebahas tentang sesuatu yang sebenernya udah lumrah di kalangan anak remaja. Punya pacar?, pacaran, mencintai satu sama lain, bahkan rela menghibahkan badannya untuk sang kekasih, Kita punya dua pendapat : Pertama, Kalo mau bawa agama 'Islam ngelarang yang namanya pacaran, jika sudah mampu menikah, yaudah nikah!', Kedua, 'Boleh pacaran, yang penting sehat dan nggak ngelakuin hal yang di luar batas'. Terserah mau pilih yang mana?, yang jelas, gue cuma punya satu saran buat kalian 'Mending sendiri aja dulu, bebas men!'.

Udah banyak persoalan putus cinta yang berujung pada mutilasi, pembunuhan serta kematian. Yang awalnya saling cinta, terus benci dan berujung dengan dimutilasi, gara-gara hasrat dari salah satu pasangan yang nggak terpenuhi. Cowok dan cewek baik juga punya nafsu, jadi kalo dipancing bisa jadi mereka bakalan tergoda, ya itulah realitanya, dan ini nih yang pengin gue tekankan, religion is important it's not only about prayer that we're organized, but everything including small things. At least, taulah kalo zina itu dosa besar, berhubungan intim yang dilakukan dengan sengaja sebelum menikah udah biasa di zaman sekarang. 

In fact, gue kurang setuju sama campaign yang mengatakan bahwa 'mending nikah daripada pacaran', ya kalo belum punya apa-apa mau nikah, bagaimana jadinya rumah tangga nanti?, fisik sama batin aja belum siap. The best way is mencari kegiatan yang bermanfaat, gabung sama komunitas menghafal qur'an (MPQ), ikut seminar, ikutan tes TOEFL, IETLS atau semacamnya, les musik gitu, ambil kelas bahasa. Nggak usah galau, karena nggak bisa nonton bareng sama pacar, selagi lo punya temen yang seru dan doi lumayan hype soal dunia dan akhirat, why not?.

Baru tadi, gue dapet info yang cukup menegangkan bahwa ada 'seorang wanita berinisial M membiarkan sang pacar tidur di kamar kosnya', kaget dong? masalahnya doi cewek 'Malu banget gue, as a woman gitu ya, dimana harga dirinya!'. Gue salut sama mereka yang jutek, galak, cuek sama cowok, banyak temen-temen cewek gue yang kece abis, asli mereka nggak murah dan sedikit datar sama perasaanya. "Bukan sok alim, tapi emang udah bawaan dari lahir", Seperti Umi, Diana, Mutiara, Sugi. Tuh perempuan, sedang menutup hati untuk para pria. #ahmasasih

Cewek berinisial M ini membuat kegaduhan di kosan-nya, memancing orang-orang di sekitar untuk marah. Sampai seniornya pun dibuat kesal tak keruan, kasihan. Cuman mau ngasih tahu, 'Jangan bikin orang baik marah'. Salahnya, perempuan berinisial M ini tidak menggubris pertanyaan dan nasihat dari sang senior, dia malah acuh tak acuh. Salah satu etika yang harus dijunjung itu 'menghormati orang yang lebih berpengalaman dari Kita'. Parahnya lagi, si cowoknya-pun tergiur untuk tidur di kosan si cewek, ini sih tanda-tanda sudah kebelet kawin, yuk kita perhatikan quotes yang satu ini, anggep aja ini kalimat bijak dari si cowok yang udah nggak sabar ingin meminang sang wanita :

"Aku lelah dengan ini, kenyataanku penuh dengan kuning (peringatan). Sudah saatnya aku berlari, walau ku tak bisa bersembunyi."

Nah, kenapa gue ngasih judul 'Dua Garis Kuning Tanpa Putus', karena ada saran dari kawan-kawan  (si Iqbal) , dan pas banget, gue lagi pengin ngulik konflik remaja tentang cinta yang masih dijadikan bahan hepi-hepi semata. Kuning itu bisa diartikan sebagai tanda peringatan, maksud dari dua kata 'tanpa putus' itu ngasih tahu ke Kita kalo peringatan itu harus selalu dicamkan, sampe pada kesimpulannya 'Kita bisa memiliki seseorang dengan cara yang baik, sah, lewat momen ijab-kabul.'

Nggak ada yang salah dari orang-orang yang peduli dan mau mengingatkan Kita kepada kebaikan, sometimes we always feel that we're right and lazy to listen to what they say. Kita semakin dibebek sama kegilaan dunia, gimana nggak? semakin hari, kelihatan makin hancur dan moralpun menipis. Ada sesuatu yang hilang dari diri, apa itu? Iman. Bukannya gue sok suci, sok alim, sok agamais, gue juga masih buluk, jujur aja masih banyak buruknya. Penting banget, nyari temen yang punya dua sisi, gaul dan himself or herself overwhelmed by kindness.

At least, we look so cool, karena kita dibilang nggak peduli sama cewek atau cowok, kita dicap nerd karena kelebihan jenius dan nggak bisa bergaul dengan mereka yang suka mabok dan ngerokok gila-gilaan, gue mengapresiasi seseorang yang 'cuek' sama masalah romansa-nya, pikiran mereka simpel 'Nanti ajalah, gue belum sukses, belum siap punya pacar' Its'okay bruh!, sebelum punya seseorang yang berarti di hidup 'lo puasin dulu jelajah alam Indonesia, keliling dunia kek, memperdalam hobi, bangun usaha sendiri without bantuan ortu lo!.' Ini berlaku buat semua anak muda yang mau sadar. Gue nggak peduli, siapa lo? lo lahir dari keluarga miskin atau kaya, kita semua sama di mata Tuhan. Udahlah, jangan buat kecewa orang tua, karena 'ngehamilin anak perempuan orang.' 

Biar adil, 'Perempuan juga nggak usah goda-godain anak cowok, coba buat strategi tergila buat ngeluluhin hati cowok dengan cara yang lembut, para pria ini kalo sudah marah menyeramkan sekali, jadi kudu hati-hati. Misal : 'Waktu kemarahannya muncul ke permukaan, dibiarin aja! jangan ditanya-tanya!" , "Kamu kenapa?, marah ya sama aku?, coba dong cerita." gue yakin tuh cowok ngedumel dalem hatinya "Iya njing, nggak usah banyak bacot lo!." Mereka pandai memendam, awas aja kalo mereka udah emosi pohon beringin auto tumbang! Kembali lagi ke cara pandang masing-masing, Kita punya pendapat yang berbeda untuk mengatasi setiap permasalahan.

Kita bisa mendapatkan pendamping yang baik, sebelumnya berkaca dulu. Sebenarnya siapa Kita?. Karena setiap manusia, punya kesempatan yang sama untuk meraih sesuatu yang baik. Thanks buat grup "Liburan ke rumah Nenek", seketika saja gue dapet pencerahan, dari mulai judul sampai ide cerita...


belajar melindungi diri sendiri dengan 'belajar'


@bunga_yunas



Comments

  1. Hi koro, thanks for visited my blog��

    ReplyDelete
  2. Wow I'm speechless after read this article

    ReplyDelete
  3. Pemikiranmu luar biasa, dan aku setuju dengan pendapatmu. It's great

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciah, thanks ya... kepoin terus blog aku ya😊. Makasiii

      Delete
  4. Penting menjga kehormatan jangan sampai itu semua menjadikan kita wanita yang tak punya harganya, penting menjaga diri, jangan mudah terbawa alur situasi dan suasana dan, sumpah yang diomongin bagus dehh, banyak realita dalam konten ini, thnks bungaa, i like😍😍

    ReplyDelete
  5. Suka aja di kta2 ini "lo puasin dulu jelajah alam Indonesia, keliling dunia kek, memperdalam hobi, bangun usaha sendiri without bantuan ortu lo!." mnrut aku btul sekali. Krena memang ada baiknya masa muda dihbiskan dengan cra mengeksplorasi diri sndri. Dan ksuksesan adlah sbuah kbnggan trsendiri. Artikel yang bagus bunga. I like this😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhayyy, sering2lah berkunjung ke blog misqueen qu ini yaπŸ€—terima kasihhh ya...

      Delete
  6. Jadi gini, bener memang kalo gaada pasangan itu bebas ngapain aja tanpa takut dipantau, tapi kalo lu merasa yakin dengan suatu individu apa salahnya buat ngejalin dengan dia, siapa tau kan dia bisa ngebimbing lu dengan cara yang terbaik yang dia punya.

    Gua paling gasuka kalo ada cewek yang kalo misal dia tau perasaan kita dianya malah benci sama kita, karna kan kalo cuma sekedar suka mah gabakal ngegigit ga, mentang" gua jelek >:( kalo ga suka mah tinggal ngomong kali, gapapa lu ngehancurin hati seseorang seenggaknya lu udah jujur atas perasaan lu *kalo oot sori ye 3h3h3

    Trus soal yang bawa pasangan ke kosan itu sih emang dah nunjukin kalo moral dia mungkin udah turun kualitasnya, bisa diliat dari cara dia nanggepin omongan dari seniornya yang kek acuh tak acuh seakan gabutuh nasihat dan bantuan dari orang lain, padahal apa yang dilakuin sama dia itu jelas melanggar norma yang ada. Keknya orang kek gitu tuh kalo gabisa dikasih tau pelan" ya obrak abrik sekalian >:( gua pacaran tapi gua ga setuju kalo ada orang yang ngelakuin hal kek gini.

    Btw lu tau kasus" orang yang nganiaya pasangannya cuma karena gamau ngebray darimana? Apa lu emang sering denger berita kek gitu?

    Tiap orang punya pilihan buat punya pasangan atau gak, apapun pilihan lu gua pasti support asal ga ngerugiin diri lu dan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sering denger sih berita kek gitu, tpi ini cw mancing bettt. Nah si cowok malah mau-mauan, gw tau ga semua cowok dan cewek itu kayak gtu. But, gw setuju sma opini lo kok. Thx ya 😊

      Gw pun jadi lebih open minded sama hal2 begituan.

      Delete
    2. Nah berarti kan kalo kek gitu tuh samasama lagi kebelet 🀣🀣

      Terimakasih atas feedback anda πŸ™

      Delete
    3. Solusinya apa? Nikah kan?, ya gitu deh simpelnya...

      Delete
  7. Nahh cak inilah nyelah nian.. Amen kate wong kito tuh πŸ˜‚, tapi kite pula dak pacak nyalakeh budak2 nih sebab biasanya yang terjerumus ke hal negatif2 itu,yoo budak2 baru beranjak remaja yang nak belajar coba2 becewaan. Saran ku yoo sebeneranya untuk orang terdekat lebih pacak atau pandai lagi nasehat keh budak2 yang disekitar kita biar gk terjerumus lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumaha iye, abi teh te nyaho artina, hmmm nuhun tapi ya, nges mampir ke blog nu abi...😊

      Delete
  8. Nicee, kata"nya tajam sekali bung. Altho perumpamaannya serem kali yah mutilasi (gak banyak" amat kok dibandingin ama dia yg ditinggalin karena bucin). Prioritaskan apa yg penting buat karir dan perjalanan hidup lu, hidup gak mesti selalu tentang mencari belahan jiwa, krn yg tepat akan datang di waktu yg tepat pula. Dripada mikirin pasangan yg belom tentu masa tua lu ama dia, mending pikirin bakal gimana experience yang bakal bisa lu ceritain/banggain dimasa tua nanti. Cheers!

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. By the way, thanks ya udah visited my blog. 😁 jangan bosen-bosen buat baca konten ini...

      Delete
  9. Sumpah keren banget menginspirasi bner, banyak bnget skrang prempuan yang dibodohi karna cinta, sebagai perempuan wajib banget ngejaga kehormatan, gausah kepancing sama hal2 yang negatif, keren bung i like😍😍

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. As a young sister, gua cukup setuju sama opinio lo tentang 'pacaran', tapi lo kurang menunjukkan pendapat mereka para kaum 'peduli pacaran' mengenai hal tersebut, biar keliatan fair mestinya obeservasi lo lebih dalem lagi tentang 'zina', lo kurang menekankan point agama, but at least ini udah oke, walau gak seberapa. Kek yang mama bilang 'lo harus ada di satu pihak yang paling bener, tapi kalo masih diragukan mending lo BAINA HUMA aja, di antara gitu, inget gak lo?'

    Gua nggak tau si gimana rasanya pacaran, lo tau kan gue emang cool dan more beautiful than u, jelashhh! mungkin aja banyak yang suka sama gue, tapi semakin banyak yang suka sama kita, banyak juga yang ngayalin kita, makin banyak juga dosa kita, jadi lo jangan seneng kalo banyak yang suka!

    HAH DUEL AJA KITA, ACTUALLY GUA GAK IKHLAS NGOMEN DI LAMAN BLOG LO, GUA MERASA HINA ...

    SALAM HANGAT, AGASHI SI BUNGSU #najeshhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf aja, gw lagi ga nafsu duel πŸ€— pelukan kuy

      Delete
  12. Menjadi wanita adalah sebuah anugrah yang Allah berikan kepada kita , bukan karena keelokan tubuh dan kecantikan paras yang ia punya, tapi keteguhan hati dan kehebatan dalam menjaga kehormatannya...
    Semoga kita sebagai perempuan bisa menjaga diri kita dari tindakan tindakan negatif yang bisa ngejerumusin kita kedalam "lubang hitam" yang kelam yang akan membawa kita kedalam penyesalan nantinya.
    Dan juga saya ingin mengucapkan turut berduka cita buat si "M" semoga dia cepet sadar dan memang kalo udah gak sabar minta lamar dong sama pacarnya,,, hahahhahahahahaa

    ReplyDelete
  13. Menjadi wanita adalah sebuah anugrah yang Allah berikan kepada kita , bukan karena keelokan tubuh dan kecantikan paras yang ia punya, tapi keteguhan hati dan kehebatan dalam menjaga kehormatannya...
    Semoga kita sebagai perempuan bisa menjaga diri kita dari tindakan tindakan negatif yang bisa ngejerumusin kita kedalam "lubang hitam" yang kelam yang akan membawa kita kedalam penyesalan nantinya.
    Dan juga saya ingin mengucapkan turut berduka cita buat si "M" semoga dia cepet sadar dan memang kalo udah gak sabar minta lamar dong sama pacarnya,,, hahahhahahahahaa

    ReplyDelete
  14. Menjadi wanita adalah sebuah anugrah yang Allah berikan kepada kita , bukan karena keelokan tubuh dan kecantikan paras yang ia punya, tapi keteguhan hati dan kehebatan dalam menjaga kehormatannya...
    Semoga kita sebagai perempuan bisa menjaga diri kita dari tindakan tindakan negatif yang bisa ngejerumusin kita kedalam "lubang hitam" yang kelam yang akan membawa kita kedalam penyesalan nantinya.
    Dan juga saya ingin mengucapkan turut berduka cita buat si "M" semoga dia cepet sadar dan memang kalo udah gak sabar minta lamar dong sama pacarnya,,, hahahhahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga dengan hadirnya tulisan ini kita bisa lebih aware dan mau melindungi diri kita lagi...��

      Delete
  15. Semoga aku dan kita semua mampu menjaga diri dan selalu dalam penjagaan rabb yang maha esa, aamiin

    Suka sangaddd karya-karya bunga yunasss ni��

    ReplyDelete
  16. Semoga aku dan kita semua mampu menjaga diri dan selalu dalam penjagaan rabb yang maha esa, aamiin

    Suka sangaddd karya-karya bunga yunasss ni��

    ReplyDelete
  17. Semoga aku dan kita semua mampu menjaga diri dan selalu dalam penjagaan rabb yang maha esa, aamiin

    Suka sangaddd karya-karya bunga yunasss ni��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwoowww ci, makasiii sudah mau visited ke blog ku inilah, 😁

      Delete

Post a Comment

Popular Posts