Menggapai Impian Yang Kian Menjerit


Seseorang duduk di dekat pintu, Ia memakai jaket penghangat tubuh. Matanya menatap ke depan, memerhatikan temannya yang sedang sibuk dengan rutinitas sebagai ‘konten kreator’. Gue tahu dia adalah figure yang nggak bisa dipandang remeh, mau ngeliat mukanya aja gue sangat ketakutan, gue tahu dia punya banyak fans, gue tahu dia selebgram yang lumayan nge-hits di kampus, gue tahu dia bukan manusia biasa, oleh karena itu gue mau dia masuk di blog gue.

Setelah lama mengubur diri untuk nggak menulis, rasanya membosankan sekali melihat dunia non nyata yang menyedihkan, seperti biasa energi gue selalu terkuras hanya karena men-scroll home ataupun beranda di Instagram, nggak penting banget sih lama-lama maen sosmed *ngabisin kuota, eh ntar marah sama pemerintah, mana nih dana buat pelajar, oops!.

Gue kalau nonton youtube tuh milih-milih, nggak asal subscribe dan lebih suka konten yang mengedukasi, kenapa? Karena bermanfaat, dan gue butuh banget nutrisi-nutrisi positif dari orang-orang hebat. Gue jarang sekali menyaksikan konten-konten yang menghibur, hal-hal lucu yang bikin ketawa macem stand up comedy, mungkin ini karena efek ‘keseriusan’ yang udah nempel dalam diri gue, bukannya gue nggak suka, ntah kenapa gue kurang berminat aja. Tapi ada satu yang selalu gue liat video-videonya, bahkan gue sering nge-stalk ignya, semakin banyak orang kece yang lahir, semoga semakin membuat Indonesia maju, ea.


Zakiy Ramadlan

Kenalin, namanya Zakiy Ramadlan, anak tahun 90-an yang masih sendirian, tapi jangan salah lho! doi sudah menorehkan banyak pencapaian di usia mudanya. Lahir tanggal 3 Februari 1996 di Batumarta, dia adalah sosok pria yang seringkali mendapat serbuan ‘kata cinta’ dari para penggemar wanita, karakternya yang ramah makin membuat citranya hidup di hati kaum hawa. Senyumnya mengembang saat berbicara, alisnya terangkat ketika ia tertawa, matanya menyipit bak orang china, dan raganya yang kuat melebihi baja. Zakiy tahu kapan dia harus serius, tapi kenyataan berkata lain ‘pernah serius tapi dibecandaain’, gimana tuh?.

Pernah gue sedikit berbincang-bincang bersama dia, ya dia memang dewasa. Komunikasinya terarah, tidak melenceng, seru, dan selalu membahas topik-topik yang dibumbui dengan ‘kelucuan yang dicampur oleh keseriusan’, dan membikin suasana tidak kaku. Yang istimewanya ialah ‘dia tidak memposisikan sebagai manusia yang wow’, dia sangat pintar ‘menjadikan diri untuk tidak terlihat lebih’, dia pandai ‘menutupi segala kelebihan’, dia nggak pernah ‘menunjukkan sisi ‘ini loh gue’, selama gue kenal sama orang ‘dia satu-satunya cowok yang tidak ingin kelihatan keren’. Padahal, manusia tuh suka banget nyombongin diri *gue juga masih menganut konsep ‘keakuan’kok, songong banget, sebagai pendosa rasanya tiap hari gue kudu bertaubat.



Zakiy sangat menyukai dunia otomotif, ketertarikannya pada ‘motor’ ia jadikan sebagai hiburan yang paling menyenangkan. Alhamdulillah, di tahun 2020 ini dia telah menuntaskan program sarjana di UIN Raden Intan Lampung, jurusan komunikasi penyiaraan islam. Lingkar pertemenan yang luas, karakter manusia yang bervariasi, memperluas jaringan, mengikat hubungan persaudaraan sudah menjadi bagian dari kehidupan Zakiy, dia mengakui kalau dirinya ‘berteman dengan siapapun, dari kalangan yang alim sampai kalangan yang ‘kurang baik’. Perihal mencari kawan itu kembali ke pribadi masing-masing ya.



Ini yang unik, Zakiy kadang merasa ‘gue ini apa ya?’. Dia juga tidak mempunyai mimpi yang ‘Wah’, tidak seperti orang-orang lain yang ingin pergi ke luar negeri, kerja di luar negeri, jadi bos di perusahaan, keinginannya belum sampai ke sana. Tapi, dia punya cita-cita yang besar, menurut gue impian Zakiy ini amat mulia, untuk cowok seusia dia jarang lho yang sudah mempersiapkan diri untuk ‘memajukan sebuah desa’. Karena Zakiy dilahirkan di Batumarta dan besar di sana, ia mau desanya bisa bersaing dengan keadaan pembangunan, aspek politik, sosial,ekonomi, pendidikan yang ada di kota. Hati nuraninya yang hidup dan harum semakin membuat pikirannya terbuka lebar, niat tulusnya yang menggema semoga terlaksana dengan bantuan dari Tuhan.

Kenapa berucap baik itu harus? Karena, siapapun yang mendengarkannya akan merasa tenang, saat kita menghadapi orang-orang yang emosional, langkah pertama untuk meredam amarahnya adalah dengan ‘merangkai jutaan pujian yang meneduhkan’, kata-kata yang indah akan menjadikan suasana lebih hening dan tentram. 

Itulah kenapa? Kejahatan jika dibalas dengan kejahatan biasanya berakhir dengan kematian, apa contohnya? Pembunuhan. Kata-kata yang menyakitkan, akan merusak kebahagiaan seseorang, siapa yang tahu hati manusia?, bisa aja orang-orang yang tersakiti ini akan mengambil tindakan yang lebih mengerikan, zaman sekarang manusia tidak lagi mempertimbangkan nyawa, kecuali bagi mereka yang keimannanya kuat. Sedangkan iman itu kadang naik, kadang turun. Kebetulan sekali, bagaimana kalau keimananannya sedang berada di fase penurunan?, bersiaplah! Bisikan setan siap menjadikan manusia sama dengan hewan.

Zakiy menceritakan tentang kekurangannya, dia yang masih belajar untuk mengurangi perkataan-perkataan kasar, seringnya menyebut nama-nama binatang ketika kehilangan kontrol. Semoga kebaikan selalu menyertai orang-orang yang ingin berubah menuju ruang ‘keelokan’. Aaamiin.

Menjadi content creator memang tidak semudah yang dibayangkan, Zakiy harus bekerja lebih cerdas untuk mengisi channel youtube dan Instagramnya. Zakiy juga lebih senang membuat konten yang berjenre ‘Comedy-Romance’. Lihat saja Instagramnya, diisi oleh video-video yang beraliran komedi dan romantis, hanya saja video yang ditaruh di Ig-nya kurang lama, durasinya cuman sebentar, saran sedikit ya : Kalau bisa lebih dari 30 menit, semoga kanal yutupnya terus berjalan ya.

Yuk kita kepoin Riwayat pendidikan Zakiy Ramadhan :

1.      TK Bahagia Batumarta

2.      MI Yayasan Pendidikan Islam Batumarta

3.      MTs Yayasan Pendidikan Islam Batumarta

4.      SMAN 2 Tanjania Oku

5.      UIN Raden Intan Lampung, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

Kita tuh hidup di muka bumi udah lama banget ya, umur dunia ini juga semakin dipertanyakan? Kerusakan kecil sampai yang besar ada di mana-mana. Ketika manusia menjadi perusak bumi, dan salah satunya adalah gue ‘yang masih suka buang sampah sembarangan’*ntah kapan sadarnya? Keknya harus dijedotin dulu kepalanya ke dinding, barulah ngecun. Allah kasih manusia tu akal, tapi kenapa masih belum bisa juga ‘ngebedain mana yang baek mana yang buruk?’ tertawakan saja si manusia ini, Hahahaha.

Ada pesan nih buat kalian anak-anak muda dari Zakiy, katanya gini “Seriusan deh, kalo lu di usia muda aja mager-mageran, sukses nggak akan dateng gitu aja, udah tau kan kalau emas, uang, dan materi lainnya nggak tiba-tiba jatoh dari langit?. Doa dulu, setelah itu usaha, yang terakhir pasrahin aja sama Allah”. Nah, semoga pesan dari Zakiy makin ngebuat kita peka kalau ternyata keberhasilan itu harus diperjuangankan dan banyak yang mesti dikorbankan, aseqqq.




“Menerima kekurangan dan kelebihan diri adalah bentuk dari rasa syukur kita, sering membandingi diri dengan orang lain itu akan mengikis kecintaan kita kepada Sang Esa”-Zakiy Ramadlan.

Doa untuk Zakiy Ramadhan : Doa tetap yang utama, usaha yang maksimal biasanya akan mengantarkan kita pada tujuan yang dicita-citakan, namun kembali lagi pada ‘manusia yang berencana, Tuhan yang memutuskan’. Karena persoalan takdir itu bukan tugas makhluk. Omongan manusia bisa saja terdengar seperti sampah ketika dia berada di posisi ‘termiskin’, tapi tahu kan? Kehidupan itu kayak roda motor, orang yang mengendarai motor dengan keberanian, kepercayaan diri yang tinggi, keyakinan akan pertolongan Tuhan, pastilah dia sampai di final destination yang sedari dulu diharapkan. Semoga, semoga semuanya menjadi kenyataan. Aaamiin.


Follow Ig @zakiyramadlan



Comments

  1. cerita yg menginspirasi, keren

    ReplyDelete
  2. Sangat menginspirasi, semangat terus anak anak muda๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
  3. Keren banget Kak ใƒพ(@⌒▽⌒@)๏พ‰ so inspired

    ReplyDelete
  4. Mantap keren kak zakiy, penulis juga pandai nih ngerangkai kata-kata yg bikin up lagi๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  5. Unge, sekali lagi ini mendobrak jiwa kemageran gw๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts